Wednesday, February 17, 2016

Kebotakan dan Rambut Rontok Atasi Dengan 7 Bahan Alami Asli Indonesia

Mengalami kebotakan dan rambut rontok juga bisa disebabkan oleh bermacam hal. Seperti mengenakan topi atau helm dalam waktu lama, polusi, stress, diet tak sehat, faktor genetik, obat-obatan, dan lain sebagainya. Namun jangan patah semangat menerima keadaan ini.

Tak usah khawatir akan masalah rambut. Untuk memperlambat proses kebotakan ada beberapa cara yang bisa anda lakukan, khususnya cara alami seperti dibawah.

Rambut rontok memang masalah serius apalagi yang mengalaminya masih dalam usia muda. Hal yang sangat menjengkelkan melihat rambut berjatuhan setiap hari. Nah sahabat, ini dia 7 tips cara untuk mengatasi rambut rontok hingga menyuburkan kembali kebotakan.

1. Pijat Minyak Esensial
Lakukan pemijatan kulit kepala dengan minyak esensial dalam beberapa menit sehari. Cara ini dapat membantu folikel rambut anda tetap aktif dan sehat. Menambahkan lavender dengan minyak wijen atau minyak almon juga bagus. Selain sehat, rambut anda juga akan wangi secara alami. Minyak esensial terdapat pada kunyit, cengkeh kayu manis, dan beberapa tumbuhan herbal lainnya.

2. Konsumsi Protein
Mengkonsumsi makanan berprotein sangat dianjurkan untuk membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan berguna sebagai pencegah kebotakan. Apabila rambut anda rontok, kemungkinan asupan protein kurang dalam tubuh anda.

3. Rendam Cuka
Cuka merupakan cairan yang mengandung kalium dan enzim bagus dan berguna untuk mengingkatkan pertumbuhan rambut juga membersihkan ketombe. Yang perlu anda lakukan sehabis keramas, kemudian campur sedikitnya setengah cangkir cuka kedalam seperemat ember air. Lalu rendam rambut anda kedalamnya. Bilas rambut anda dengan air biasa setelah 10 hingga 15 menit terkena cuka. Rambut akan jadi lebih segar dan terhindar dari kerontokan.

4. Jaga Kulit Kepala Agar Tetap Kering
Masalah rambut rontok sering dialami karena produksi minyak berlebih dan sering berkeringat. Hal ini tentu saja berpotensi menyebabkan ketombe dan kebotakan lebih cepat. Untuk menjaga kulit kepala agar tetap dingin dan kering, gunakan shampo yang mengandun lidah buaya atau lidah buaya langsung juga sangat bagus untuk mengurangi rambut rontok.

5. Manfaatkan Jus Bawang
Anda dapat menggunakan jus bawang merah, bawang putih dan jahe guna mengurangi kebotakan dan rambut rontok. Gunakan dengan menggosokkan di bagian kulit kepala secara perlahan. Diamkan semalam dan bilas di pagi hari. Lakukan cara ini selama 4-7 hari dan rambut rontok pun akan berkurang.

6. Keramas Daun Intaran
Daun ini disebut juga dengan daun neem, memiliki sisi bergerigi biasa tumbuh di kebun. Anda bisa gunakan untuk keramas dengan jus daun intaran lalu bilas hingga bersih. Cara ini terbukti efektif untuk atasi rambut rontok yang disebabkan oleh kelebihan minyak kulit kepala dan ketombe.

7. Pakai Teh Hijau
Menggosok teh hijau di kulit kepala juga dapat membantu mengatasi masalah kobotakan dan rambut rontok. Penelitian yang telah dilakukan, dengan cara merebus dua kantong teh dalam secangkir air, biarkan hingga dingin, dan gunakan untuk memijat kulit kepala anda. Setelah satu jam, bilas kembali rambut anda dan keringkan. Anda dapat melakukan cara ini dua kali sehari selama satu hingga dua minggu secara rutin.

Nah, demikianlah cara mengatasi rambut rontok dan kebotakan dengan bahan natural sekitar kita. Mengatasi rambut rontok memang dibutuhkan kesabaran, tidak instan. Jadi atasi masalah sedikit-demi sedikit.

0 comments