Wednesday, October 5, 2016

Mengapa VGA Sapphire RX 460 Kipas Tidak Berputar

Mengapa VGA Sapphire RX 460 Kipas Tidak Berputar - Pada beberapa waktu lalu teman saya membeli sebuah VGA / Graphic Card yaitu Sapphire RX 460 dari AMD. Dari benchmark yang telah dilakukan, RX 460 hampir setara dengan GTX 970. Nah, yang jadi masalah adalah saat komputer dinyalakan, kipasnya tidak mauberputar (mati), padahal driver sudah terinstall. Setelah diotak-atik settingannya ternyata tidak dapat menemukan solusinya. Teman saya mengira kalau VGA tersebut rusak. Ternyata kipas VGA itu memang disetel demikian oleh sistemnya.


Kipas hanya akan berputar saat dalam keadaan menjalankan sebuah game yang memerlukan konsumsi grafik yang tinggi. Contohnya GTA V, Tomb Raider, CS:GO, Dota2 dan lainnya.

Namun dibalik itu ada keuntungan dan kerugiannya.

Keuntungannya adalah saat kita hanya melakukan pekerjaan ringan, contohnya browsing, memutar musik dan nonton film, konsumsi daya listrik bisa lebih hemat, karena kipas secara otomatis tidak berputar.

Kerugiannya adalah temperatur dari VGA RX 460 itu sendiri akan cepat panas karena kipas tidak berputar. Namun suhunya ternyata terbilang cukup adem, yaitu berkisar antara 40-50 derajat celcius tergantung suhu ruangan.

Agar lebih adem kamu bisa mensiasatinya dengan menggunakan kipas kecil tambahan berukuran 8 cm dibawah VGA.

Jangan Lupa Tinggalin Komentar dan Share ke Temanmu Yaaa!!


0 comments